Home / ALUTSISTA / September 2016, Pabrik Kapal Selam PT PAL Mulai Beroperasi

September 2016, Pabrik Kapal Selam PT PAL Mulai Beroperasi

Area pabrik kapal selam PT PAL dalam proses pembangunan.

Ada kabar baik untuk perkembangan ToT (transfer of technology) industri alutsista di Indonesia. Pasalnya pihak PT PAL menyebut bahwa di bulan September 2016, seluruh pekerjaan fisik pembangunan komplek pembuatan kapal selam di Surabaya akan rampung, artinya proses pengerjaan pesanan ketiga Changbogo Class sudah dapat dimulai.

Baca juga: Aries-LPI – Radar Intai Kapal Selam Changbogo Class TNI AL

Seperti dikutip dari Janes.com (8/3/2016), pembangunan pesanan ketiga kapal selam Changbogo Class akan dimulai satu bulan sesudah pabrik dibuka, yakni pada bulam Oktober 2016. “Sebagai wujud dari alih teknologi, fasilitas produksi kapal selam di PT PAL akan mengadopsi fasilitas sejenis yang ada di galangan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) di Korea Selatan,” ujar Tjahjono Yudo, General Manager PT PAL.

Sebagai informasi, kontrak pengadaan tiga unit Changbogo Class ditandatangani pada tahun 2011, di dalam kontrak juga tercantuk implementasi ToT, dimana salah satunya proses produksi kapal selam ketiga dilakukan di Indonesia. Tjahjono Yudo menambahkan, bahwa saat ini tim dari PT PAL sudah ada yang dikirim ke Okpo di Korea Selatan untuk mengamati dan mempelajari proses pembuatan dua pesanan Changbogo Class TNI AL. Changbogo Class sendiri merupakan kapal selam diesel listrik yang berangkat dari rancangan Type 209/1400 Jerman.

Baca juga: Cassidian Optronics – Periskop Canggih Untuk Kapal Selam Changbogo Class TNI AL

Baca juga: Kongsberg MSI-90U Mk 2 – Canggihnya Combat Management System di Changbogo Class TNI AL

Baca juga: SLMM Changbogo Class – Sang Ranjau Pembunuh dari Kedalaman Laut

Fasilitas pabrik kapal selam DSME di Korea Selatan.

Fasilitas pabrik kapal selam DSME di Korea Selatan.

Menurut rencana, pesanan Changbogo pertama dan kedua akan diserahkan ke Kementerian Pertahanan RI pada tahun 2017. Sementara pesanan ketiga yang dibuat di PT PAL, diharapkan meluncur pada tahun 2019. Di tahun depan, selain kedatangan Changbogo Class, TNI AL juga akan mendapat kado alutsista lain, seperti helikopter AKS (anti kapal selam) AS565 MBe Panther, bahkan kapal latih tiang tinggi (tall ship) pengganti KRI Dewa Ruci akan meluncur dari galangan Freire Shipyard, Spanyol pada bulan Juli 2017.

Baca juga: Kapal Latih Tiang Tinggi Terbaru TNI AL, Penerus KRI Dewa Ruci Meluncur Juli 2017

Kembali seputar kedatangan kapal selam dari Korea Selatan, Korps Hiu Kencana TNI AL juga akan mendapatkan home base baru di Watusampu, Palu. Pangkalan kapal selam dari Koarmatim ini dijadwalkan siap beroperasi pada akhir tahun ini.

About admin media center

Check Also

Bell 429 GlobalRanger: Helikopter Terbaru Direktorat Kepolisian Udara

Agak sedikit membuat kejutan, Direktorat Kepolisian Udara (Polisi Udara) RI dikabarkan bakal menerima dua unit …

%d bloggers like this: