Home / SEKILAS MILITER / Semapta Periodik

Semapta Periodik

Dalam rangka meningkatkan kesegaran jasmani prajurit TNI Angkatan Darat, khususnya Prajurit Pragosa Satya melaksanaan kegiatan Test Kesegaran Jasmani Periodik di lapangan sepak bola GA. Manulang. Sebelum kegiatan, diawali dengan pengecekan personil yang melaksanakan tes samapta, dilanjutkan pemeriksaan tahap awal untuk mengukur tensi dan denyut nadi bagi para peserta oleh petugas Dokter Yon. Pelaksanaan samapta tersebut meliputi test kesegaran ‘A’ yaitu lari 3.200 meter dan test kesegaran ‘B’ yaitu: pull up, sit up, push up dan shuttle run, serta renang militer dasar.

Untuk pelaksanaan kegiatan test samapta periodik ini, dilaksankan selama dua hari pada Kamis dan Jum’at yang terbagi dalam dua gelombang, yaitu hari pertama Kompi Markas, Kompi 71 dan hari kedua dilaksanakan Kompi 72 serta 73. Danyonkav 7/Sersus Letkol Kav Aristoteles H Lawitang mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan seluruh prajurit Pragosa Satya guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD, kegiatan diikuti oleh seluruh Prajurit, kecuali anggota yang sakit dan cacad fisik mendapat catatan dari Kesdam Cijantung.

“Diharapkan melalui tes samapta periodik ini, kita dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit setiap enam bulan sekali dihadapkan dengan tantangan tugas yang semakin tidak ringan dituntut seorang prajurit yang profesional dan memiliki fisik yang tetap prima, oleh karena itu dibutuhkan pembinaan fisik secara rutin” ujar Danyon.

About admin media center

Check Also

Dirgahayu Korps Arhanud TNI AD “Vyati Rakca Bhala Cakti”

Related

%d bloggers like this: