Home / ALUTSISTA / Rusia Perkenalkan MBT T-90M “Proryv-3”

Rusia Perkenalkan MBT T-90M “Proryv-3”

fb_img_1484574027531-678x381

Meski telah memiliki konsep tank kelas utama (Main Battle Tank) MBT Armata yang telah memasuki produksi. Rusia juga tetap mempertahankan platform tank MBT T-90 yang sudah melegenda. Rusia dikaporkan memperkenalkan versi terbaru dari tank MBT T-90 yang disebut T-90M “Proryv-3”, sebagaimana dilaporkan oleh pakar militer Rusia Alexei Khlopotov.

T-90M “Proryv-3” adalah versi modern dari tank tempur utama Rusia. Tank upgrade tersebut kelak akan menggantikan tank T-90 dan T-90A yang menua yang kini masih dalam kedinasan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia.

“Kami memiliki sekitar 400 tank yang mulai berdinas pada awal 2000-an. Sudah hampir 12-15 tahun. Mereka perlu diperbarui. Oleh karena itu, kami mempertimbangkan masalah modernisasi armada tank, ” kata Deputi Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov sebelumnya pada acara pameran RAE-2015 di Nizhny Tagil.

Tank T-90M dipersenjatai meriam smooth bore yang dapat menembakkan tidak hanya peluru meriam tetapi juga peluru kendali. Tank ini dioperasikan oleh tiga awak, yaitu komandan, juru tembak dan pengemudi dan dilengkapi dengan penjejak sasaran otomatis dan fire control computer yang baru. Tank ini ditenagai oleh mesin baru dengan daya maksimum 1.300 hp. Bobot tempurnya sekitar 50 ton dan memiliki ground clearance setinggi 450 mm.

T-90M memiliki armor komposit baru serta dilengkapi dengan explosive reactive armor (ERA) Relikt yang menggantikan ERA Kontakt-5. Tank ini juga dilengkapi dengan side skirt dengan ERA Relikt. Armor ini memberikan perlindungan terhadap hulu ledak tandem dan mengurangi penetrasi amunisi jenis APFSDS lebih dari 50%. Selain itu juga terdapat sistem countermeasure Shtora-1, yang secara signifikan mengurangi kemungkinan terkena rudal anti-tank lawan dengan pemandu semi-otomatis. Tank dilengkapi dengan perlindungan nuklir-biologi-kimia (NBC) dan sistem pencegah kebakaran otomatis.

Keputusan Kementerian Pertahanan Rusia untuk meng-upgrade tank T-90 model lama bisa ditafsirkan sebagai tanda bahwa meskipun sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa tank T-14 akan menggantikan tank-tank lama Rusia, T-14 tidak akan menggantikan tank era Soviet sebagai andalan kekuatan tank Rusia dalam waktu dekat dan bahwa Angkatan Darat Rusia akan terus mengoperasikan berbagai varian MBT setidaknya hingga dekade berikutnya.

About admin website

Check Also

Upaya Membuat Prototipe Kendaraan Tempur “Next-Gen”

DETROIT ARSENAL – Angkatan Darat AS berupaya untuk membuat prototipe kendaraan tempur generasi selanjutnya (next-gen) …