Home / SEKILAS MILITER / Rakornis Kegiatan Pencanangan dan penyelenggaraan TNI Manunggal KB Kesehatan di wilayah Kodim 0506/Tgr

Rakornis Kegiatan Pencanangan dan penyelenggaraan TNI Manunggal KB Kesehatan di wilayah Kodim 0506/Tgr

Rapat Koordinasi Teknis (RAKORNIS) dalam rangka Kegiatan Pencanangan dan penyelenggaraan TNI Manunggal KB Kesehatan di wilayah Kodim 0506/Tgr TA.2016. Bertempat di Aula Makodim 0506/Tgr. Jl. TMP.Taruna No.1 Kel. Sukasari Kec.Tangerang Kota Tangerang. Rabu ( 13/5).

 Kegiatan Rakornis yang diikuti kurang lebih 100 peserta dari jajaran Kodim 0506/Tgr, Pemda dan BKKBN di wilayah Tangerang Raya ini mengulas berbagai masalah kependudukan dan implikasinya serta duduk bersama dalam mengupayakan pemecahan masalah kependudukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya program kependudukan dan KB.

Problem kependudukan memikili implikasi yang luas terhadap sektor pembangunan lain, sehingga kependudukan layak mendapat perhatian serius dari setiap  program pembangunan. Program Kependudukan dan Keluarga Berencana di era reformasi juga sedikit mengalami penurunan, mengakibatkan  laju pertumbuhan penduduk (LPP) setiap tahunnya bertambah sekitar 1.3 persen, artinya jumlah penduduk Indonesia bertambah kurang lebih 3,2 juta jiwa per tahun. Penduduk besar sangat berpotensi menjadi beban pembangunan, tercermin dari beratnya beban pemerintah pusat dan daerah untuk menyediakan berbagai pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, lapangan kerja, lingkungan hidup, dan lain sebagainya.

 Oleh sebab itu, bukan hal yang aneh apabila masalah kependudukan menjadi tanggungjawab semua pihak  untuk mencari dan ikut aktif dalam upaya pemecahannya. Berpijak pada kondisi tersebut, tiap awal tahun BKKBN menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) sebagai Evaluasi Program dan pemaparan Rencana Kerja Program tahun berikutnya. RAKERNAS ini kemudian ditindaklanjuti Perwakilan BKKBN masing-masing provinsi dengan pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Program KKB serta dikerucutkan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (RAKORNIS) dengan masing-masing mitra kerja dan stakeholder untuk menyusun kesepakatan dan perencanaan kegiatan terpadu.

“RAKORNIS ini hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengintefsifkan komunikasi dan koordinasi serta tukar menukar informasi antara sesama peserta rakor, agar kelak hasilnya dapat lebih menyempurnakan konsep penyelenggaraan percepatan pelaksanaan revitalisasi program KB Tahun 2016”  tandas  Dandim 0506/Tgr sambutan yang dibacakan oleh Kasdim Mayor Inf Leon.SH. pada pembukaan RAKORNIS. Dandim juga berharap agar Kerjasama BKKBN se-Tangerang Raya dengan Kodim 0506/Tgr  dapat mempercepat pencapaian sasaran pembangunan kependudukan dan KB tahun 2016.

Acara ini dihadiri juga oleh Kasdim 0506/Tgr, Perwira Staf, Danramil dari 21 Koramil, Kepala BPMPPKB se-Tangerang Raya, Kepala Dinas Kesehatan se-Tangerang Raya, Ketua PMI se-Tangerang Raya, Para Camat se-Tangerang Raya dan Kepala Puskesmas se-Tangerang Raya.

About admin media center

Check Also

Dirgahayu Korps Arhanud TNI AD “Vyati Rakca Bhala Cakti”

Related

%d bloggers like this: