Home / ALUTSISTA / PF-98 Queen Bee 120mm: Generasi Roket Anti Tank Terbaru TNI AD

PF-98 Queen Bee 120mm: Generasi Roket Anti Tank Terbaru TNI AD

Segmen senjata anti tank punya tempat tersendiri dalam kelompok senjata bantu infanteri. Dibuktikan dengan keragaman jenis senjata anti tank yang dimiliki infanteri TNI AD, mulai dari jenis roket C90-CR, Armburst, dan LRAC 89. Kemudian ada jenis rudal NLAW dan FGM-148 Javelin. Sementara dari segi fungsionalitas, senjata anti tank dapat dipiliah berdasarkan tipe peluncur, ada yang disposable, alias sekali pakai buang, dan peluncur reusable, artinya tabung peluncur dapat digunakan berulang-ulang.

Baca juga: LRAC 89 TNI AD – Roket Anti Tank Penghancur Perkubuan Lawan

Baca juga: RPG-7 – Rahasia Di Balik Kelemahan dan Keunggulan Granat Berpeluncur Roket Terpopuler

4f7866c7703e7653PF-98_120_mm_Anti-Tankd800px-Chinese_PF98_120_mm_rocket_launcher

Nah, untuk segmen senjata anti tank dengan peluncur reusable, infanteri TNI AD kini punya alutsista baru yang berasal dari Cina. Yakni (Type 98) PF-98 Queen Been, jenis roket anti tank yang dapat disiapkan untuk menghancurkan aneka target dengan varian hulu ledak. Dari segi operasional, PF-98 Queen Bee sekilas mirip dengan LRAC 89 yang telah digunakan TNI AD sejak awal tahun 80-an. Mungkin karena usia LRAC (Lance Roquette Antichar/Peluncur Roket Anti Tank) 89 sudah tak muda lagi, maka hadirnya PF-98 Queen Been buatan manufaktur Norinco.

Baca juga: C90-CR TNI AD – Senjata Anti Tank Sekali Pakai

PF-98 juga dapat ditembakan dengan cara dipanggul.

PF-98 juga dapat ditembakan dengan cara dipanggul.

Salah satu pose duduk sembari memanggul.

Salah satu pose duduk sembari memanggul.

Sebagai senjata anti tank yang reusable, tabung peluncur PF-98 terbuat dari bahan fiberglass padat dengan bobot dibawah 10 kg. Resminya PF-98 ditawarkan dalam dua varian, company dan batalion, kedua varian ini sama-sama dilengkapi fasilitas night vision. Waktu reaksi yang dibutuhkan sejak target terbidik adalah 10 detik. Pada PF-98 varian batalion, fire control dilengkapi optical sight dengan fitur night vision dengan jangkauan bidik hingga 500 meter. Pemindaiain target dilakukan berdasarkan sinergi dari fire control computer, laser range finder, dan LED display. Sistem di PF-98 dapat secara otomatis mementukan jarak dan perhitungan balistik yang kesemuanya dapat ditampikan dalam LED display. Segala kecanggihan ini membuat reaksi penembakan dapat dipercepat, sementara target dapat dihantam dengan tingkat akurasi tinggi.

Baca juga: Armbrust – Senjata Anti Tank Satuan Elit TNI

Baca juga: NLAW – Rudal Anti Tank Infanteri TNI AD, Siap Melibas MBT!

Proses loading amunisi.

Proses loading amunisi.

Siap ditembakkan.

Siap ditembakkan.

Dan roket pun telah lepas dari tabung peluncur.

Dan roket pun telah lepas dari tabung peluncur.

PF-98 Queen Bee yang diopersikan antara 1 – 2 awak ini dilengkapi lensa bidik teleskopik optical sight dengan pembesaran 4x. Dengan dukungan tripod, varian batalion dapat meluncurkan roket pada ketinggian 30 derajat hingga -6 derajat. Sementara sudut putarnya dapat di set 360 derajat.

Bagaimana dengan kemampuan hulu ledaknya? PF-98 Queen Bee dengan kaliber 120 mm dapat melontarkan proyektil dengan hulu ledak HEAT (High Explosive Anti Tank) dan tandem HEAT dengan pemicu elektronik. Tandem HEAT digadang Norinco dapat menembus triple armour berstandar NATO dengan ERA (Explosive Reactive Armour). Dengan kemampuan hulu ledak ini, diyakni segala jenis ranpur lapis baja ringan dan sedang dapat dilumat habis.

Baca juga: FGM-148 Javelin Block I – Fire and Forget Dengan Pemandu Infra Red

bazooka3Queen_Bee_141112_05

Jenis amunisi lainnya ada thermobaric, ini merupakan bahan peledak yang memanfaatkan udara sebagai bahan bakarnya. Sehingga jika thermobaric terbakar/meledak di area yang banyak udara (O2), maka daya ledaknya pun semakin membesar. Thermobaric diciptakan untuk merusak struktur, bunker, dan pastinya menjadi momok yang menakutkan bagi pasukan infanteri. Ada lagi jenis amunisi multipurpose high explosive yang memuat hulu ledak berisi 120 bola baja dan bahan pembakar. Selain mampu merobek pertahana infanteri, amunisi ini juga mampu menembus lapisan baja 400 mm pada sudut tembakan 55 derajat.

PF-98,anti-tank-rocket,China-anti-tank-rocket-742816

Dilihat dari cara pengoperasiannya, PF-98 Queen Bee dapat menjelma sebagai senjata anti tank yang dipanggul di pundak. Namun agar lebih stabil, senjata ini dapat pula dipasang pada tripod. Jarak tembak maksimum senjata ini ada di rentang 1.800 – 2.000 meter.

Dirunut dari sejarahnya, PF-98 diciptakan sebagai pengembangan dari senjata anti tank Type 78 pada tahun 1990. Keberadaan PF-98 pertama kali terlihat saat digunakan oleh unit garnisun pasukan Cina yang bertugas di Macao pada tahun 1999. Dikutip dari Wikipedia.com, selain Cina dan Indonesia, PF-98 Queen Bee juga digunakan oleh negara-negara berkocek pas-pasan, yakni Bangladesh dan Zimbabwe. (Gilang Perdana)

Spesifikasi PF-98 Queen Bee
– Tipe: Roket anti tank
– Manufaktur: Norinco
– Panjang: 1.191 mm
– Kaliber: 120 mm
– Sudut elevasi: 30 sampai -6 derajat
– Kecepatan tembak: 4-6 proyektil per menit
– Jarak tembak max: 800 meter (amunisi HEAT) dan 1.800 meter (amunisi HE)

About admin media center

Check Also

Bell 429 GlobalRanger: Helikopter Terbaru Direktorat Kepolisian Udara

Agak sedikit membuat kejutan, Direktorat Kepolisian Udara (Polisi Udara) RI dikabarkan bakal menerima dua unit …

%d bloggers like this: