Home / SEKILAS MILITER / Penyemprotan Fogging yang benar aman bagi Manusia dan Lingkungan

Penyemprotan Fogging yang benar aman bagi Manusia dan Lingkungan

Saat demam berdarah dengue (DBD) marak terjadi, banyak daerah sibuk melakukan fogging. Memang, fogging atau pengasapan adalah cara yang cukup efektif membasmi nyamuk penyebab DBD. Namun, banyak yang perlu diperhatikan dalam melakukan fogging agar efektif membunuh nyamuk dan sarangnya. Salah satu yang terpenting adalah memastikan dosis insektisida yang digunakan untuk fogging. “Dosisnya sudah benar belum? Kalau enggak, nyamuknya pingsan doang, enggak mati,” ujar Peneliti Perubahan Iklim dan Kesehatan Lingkungan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Dalam melakukan pengasaan, insektisida akan dicampur dengan solar kemudian mengeluarkan asap di mesin fogging. Dosis insektisida sebenarnya sudah tertera dalam kemasannya. Misalnya, tertulis 5/15 atau lima insektisida berbanding 15 liter solar. Maka, dosis yang harus digunakan seharusnya sesuai dengan takaran tersebut. Menurut Dokter Yon Serka Widjanarko, salah satu tanda penggunaan dosis “obat” fogging yang  tidak tepat adalah lantai rumah menjadi licin pasca pengasapan. “Kalau dosisnya tepat maka yang keluar asap. Kalau dosis enggak tepat, yang keluar,  ya minyak. Lantai licin, kalau seperti sudah itu jelas dosisnya enggak tepat,” terang Dokter Yon Serka Widjanarko.

Kesalahan inilah yang menjadi salah satu penyebab kasus DBD tidak mengalami penurunan setelah fogging dilakukan dan justru ditemukan pasien baru. Menurut Serka Widjanarko, petugas yang melakukan fogging pun mesti terlatih meski fogging menggunakan mesin dengan teknologi sederhana. Fogging dilakukan di kawasan pemukiman hingga sekolah-sekolah ketika ditemukan pasien DBD di daerah tersebut. Fogging tak bisa dilakukan asal-asalan, petugas harus memperhatikan radius penyemprotan, mengecek mesin fogging, hingga waktu dilakukannya fogging. Kegiatan fogging harus direncanakan. Jangan lupa untuk melakukan sosialisasi dengan baik kepada masyarakat agar semua pemilik rumah bersiap dan bersedia saat dilakukan fogging.

About admin media center

Check Also

Dirgahayu Korps Arhanud TNI AD “Vyati Rakca Bhala Cakti”

Related

%d bloggers like this: