Home / ALUTSISTA / Oka 4×4: Assault Ladder Sat-81/Gultor Kopassus TNI AD

Oka 4×4: Assault Ladder Sat-81/Gultor Kopassus TNI AD

305054_211197875607469_1597

Karena mengemban tugas anti pembajakan pesawat, perang kota, intelijen dan kontra intelijen, adalah lumrah bila Kopassus, khususnya pada Sat-81/Gultor (Penanggulan Teror) dibekali dengan aneka persenjataan dan wahana perang yang juga terbilang khusus. Sebagai unit tempur yang mengandalkan kemampuan dan keahlian perorangan, umumnya wahana tempur Kopassus ada di segmen rantis (kendaraan taktis) yang dilengkapi senapan mesin hingga pelontar granat otomatis.

Baca juga: CIS AGL 40 – Pelontar Granat Otomatis Andalan Rantis TNI

Seiring era keterbukaan, etalase tempur Kopassus juga bukan sesuatu yang tabu di ketahui publik. Bahkan lewat Pameran Alutsista TNI AD yang saban tahun dilangsungkan di Lapangan Monas, masyarakat luas bisa mengenal tipe-tipe rantis serbu, seperti Land Rover Defender, Casspir MK3, Flyer 4×4, Bushmaster PMV, Pakci, dan Alvis Mamba. Namun lepas dari tipe-tipe yang barusan disebut, masih ada jenis rantis lain yang namanya cukup unik, yakni Oka 4×4.

Baca juga: Casspir MK3 – “Kuda Perang” Kopassus dari Afrika Selatan

Oka 4x4 Kopassus TNI AD. (Foto: Ipenk666/Kaskus)

Oka 4×4 Kopassus TNI AD. (Foto: Ipenk666/Kaskus)

Baca juga: Flyer 4×4 – Jeep Tempur Kopassus Era 90-an

Baca juga: Bushmaster PMV – Jawara Perang Afghanistan Untuk Kopassus TNI AD

spek

Boleh dibilang, diantara beragam rantis Sat-81/Gultor, Oka 4×4 yang paling ‘jarang’ tampil di hadapan publik. Desain Oka 4×4 beda dengan rantis Bushmaster dan Casspir yang cenderung garang, Oka 4×4 sekilas lebih mirip minibus dengan wheelbase yang cukup tinggi. Peran Oka 4×4 dalam tugas taktis sebagai wahana angkut pasukan anti teror ke sasaran. Tidak diketahui, apakah Oka 4×4 dibekali lapisan anti peluru atau tidak. Namun yang jelas Oka 4×4 tidak dibekali dudukan untuk penempatan senapan mesin. Yang spesial dari Oka 4×4 Kopassus yaitu tangga (ladder) lipat yang ada di bagian atas kendaraan. Tangga lipat yang dioperasikan secara manual ini digunakan untuk aksi serbuan cepat ke sasaran yang ada di ketinggian, seperti gedung bertingkat atau pesawat.

Baca juga: Komodo KIT 250AT – Rantis Intai Ringan Berpenggerak 2 Roda

oka38011deb331dbfa26638a6bbc29988f4oka-glenn

Sekilas melihat kemampuan Oka 4×4 yang ‘cuma’ segitu rasanya tak membedakan dengan minibus sipil. Tapi jangan salah, Oka 4×4 diproduksi Oka Motor Co, Australia, satu negara asal dengan Flyer 4×4 dan Bushmaster. Oka Motor mulai merintis rancangan kendaraan ini pada tahun 1986, dan mulai diproduksi pada tahun 1992. target pasar kendaraan roda empat ini adalah kalangan industri pertambangan dan tour bus. Dibandingkan kendaraan sejenis, Oka 4×4 dirancang mampu membawa payload hingga 2 ton dan bisa menjelajahi medan berat (off road). Bahkan, belakangan Oka 4×4 juga populer diadaptasi sebagai mobil caravan di Australia.

Di tahun 1995 – 1998, pihak pabrikan mengganti mesin , dari yang sebelumnya menggunakan mesin bensin ke mesin diesel. Langkah ini berdasarkan permintaan pasar di Timur Tengah, terutama terkait mahalnya biaya operasi mesin bensin.
Oka diproduksi dalam varian XT, LT dan NT. Sementara bodi style yang ditawarkan mencakup cab-chassis, single cab, dual cab, multi cab dan bus.

spek-1

Oka 4x4 juga populer sebagai mobil caravan untuk keluarga.

Oka 4×4 juga populer sebagai mobil caravan untuk keluarga.

overhaull mesin.

overhaull mesin.

Selain digunakan oleh Kopassus, Oka 4×4 versi militer juga digunakan AD dan AU Australia. Sementara varian sipilnya kini tersebar di Malaysia, Uni Emirat Arab, India, Papua Nugini, dan beberapa negara Afrika.

Jika merujuk ke foto Oka 4×4 milik Kopassus, sepertinya mengacu pada varian NT 4×4 Multi Purpose Van. Varian ini ditenagai mesin diesel Cummins ISB4.5E3185 direct injection turbocharged & intercooled 4 stroke. Dengan kapasitas bahan bakar 170 liter, rantis ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 120 km per jam. (Haryo Adjie)

Spesifikasi Oka 4×4 NT:
– Konfigurasi: 1 driver + 8 penumpang
– Panjang: 5,6 meter
– Lebar: 2 meter
– Tinggi: 2,5 meter
– Wheelbase: 3,1 meter
– Ukuran ban: 305/70R19.5 Continental HDR
– Berat kosong: 6.500 kg
– Payload: 2.000 kg
– Gearbox: Tremec TR4050
– Mesin: diesel Cummins ISB4.5E3185
– Kapasitas BBM: 170 liter
– Emisi: Euro3
– Kecepatan maksimum : 120 km per jam

About admin media center

Check Also

TNI AU Lakukan Upgrade Radar Warning Receiver Untuk Armada Hawk 109/209

Self protection menjadi hal krusial pada pesawat tempur, salah satu teknologi yang kerap jadi acuan …

%d bloggers like this: