Home / ALUTSISTA / Minimi: Senapan Mesin Regu Dengan Kemampuan Dual Feed System

Minimi: Senapan Mesin Regu Dengan Kemampuan Dual Feed System

tumblr_lxxdx7TJTU1r9khx4o1_

Adalah wajar bila pasukan khusus dengan tugas-tugas khusus dibekali dengan persenjataan yang juga spesial. Salah satunya dalam misi pengawalan setingkat kepala negara, kelengkapan senjata pada pasukan pengawal sudah jadi suatu keharusan. Untuk alasan keamanan dan estetika, umumnya penggunaan senjata pada ring satu kerap disamarkan untuk kerahasiaan. Bak di film James Bond,pasukan pengawal dengan setelan jas dapat menembakkan MP5 dari ‘sesuatu’ yang tak terduga.

Sesuatu yang dimaksud adalah koper. Sebagai produsen yang sukses mengusung varian SMG (Sub Machine Gun) MP5, H&K juga membuat beragam aksesoris unik untuk kebutuhan khusus, salah satunya adalah koper (brief case) yang bisa diisi senjata jenis MP5K, dan ditembakkan melalui gagangnya. Siapa yang mengira bahwa koper plastik berwarna hitam dengan aksen lining keperekan ini memang terlihat seperti koper kerja biasa.

Bagi mata awam, adanya lubang kecil di sisi kiri koper tentu terlihat tidak kentara, begitu pula pelatuk yang berada pada gagang koper. Padahal, di dalam koper ini terdapat sepucuk MP5K yang terpasang rapi berkat dudukan H&K STANAG Claw Mount yang menjaga agar senjata tidak terlepas dari dudukan.

Karena senjata berada dalam casing khusus, maka cara memakainya pun ada aturannya, penembak tinggal menempatkan koper secara horizontal, akan lebih baik menggunakan perut sebagai penyetabil dan tarik pelatuknya.

Baca juga: H&K MP5SD-2 Senjata Serbu Kopassus dalam Operasi Woyla

hknmp5kcase-900-4hknmp5kcase-900-3

Baca juga: H&K HK416 – Senapan Serbu dengan Akurasi Tinggi dan Kualitas ‘Sebandel’ AK-47

hknmp5kcase-900-5hknmp5kcase-900-7

Baca juga: H&K G3 – Senapan Serbu Paskhas (PGT) Dalam Operasi Trikora

Untuk kegunaan taktis mungkin koper ini tidak banyak bicara, namun lain halnya bila misi yang dijalankan adalah pengawalan VIP (Very Important Person). Apalagi, hadirnya MP5K adalah senjata yang dibuat atas permintaan perwakilan H&K di Amerika Selatan yang terkenal sebagai wilayah basis narkotika dan maraknya aksi penculikan orang kaya. Kalau sudah begitu, koper canggih ini jelas menemukan pasarnya. Mengutip informasi dari Commando – Sub Machine Gun – War Machine Series, Sat-81 Gultor Kopassus disebut-sebut punya beberapa koper unik ini.

Dari segi desain, koper ini dibuat dari bahan polimer padat dan kotak alumunium dengan plastik sebagai penutupnya. Situs Guns.com menyebut ukuran koper ini sekitar 20 x 15 x 5 inchi, seukuran dengan toolbox yang kerap dibawa para teknisi.

Baca juga: SMG Sa Vz 61 Skorpion – Pernah Jadi Andalan Paskhas Dalam Misi CQB

Posisi pelatuk pada gagang koper.

Posisi pelatuk pada gagang koper.

Tampilan detail bagian dalam koper dan MP5K.

Tampilan detail bagian dalam koper dan MP5K.

Arah lubang untuk laras.

Arah lubang untuk laras (firing port)

Pasukan AS sedang memantai koper MP5K. Firing port pada lingkaran warna kuning.

Pasukan AS sedang memantai koper MP5K. Firing port pada lingkaran warna kuning.

Baca juga: Daewoo K7 – Sub Machine Gun Berperedam Terintegrasi, Andalan Pasukan Khusus TNI

Ada temuan yang mengejutkan seputar koper MP5K ini, tepatnya di Baghdad – Irak pada 14 April 2013, unit pasukan dari Batalyon Ke-3 Resimen Infanteri Ke-7 US Army, berhasil menemukan 22 koper H&K berikut paket senjata MP5K di dalam gudang senjata. Keberadaan koper senjata ini disinyalir digunakan para pengawal Saddam Husein. Temuan koper MP5K ini juga terus berlanjut, saat revolusi yang terjadi di Libya dan Suriah, beberapa koper unik juga ditemukan di gudang persenjataan.

Meski laris manis digunakan untuk misi pengawalan VIP, adopsi koper MP5K ini juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya dipandang kurang ideal saat menghadapi CQB (close quarter battle), akurasi bidikan yang kurang efektif, dan waktu yang lebih lama untuk melakukan reload magasin. Anda tertarik dengan koper canggih besutan Jerman ini? H&K pun menjualnya dengan harga US$2.995, bahkan koper ini cukup laris di pasar lelang dengan harga bekas di kisaran US$1.500.

Baca juga: Pindad PM-2 Generasi Sub Machine Gun dengan Sentuhan Senapan Serbu

Posisi menembak koper MP5K.

Posisi menembak koper MP5K.

Beberapa koper MP5K yang disita pasukan AS di Baghdad, Irak.

Beberapa koper MP5K yang disita pasukan AS di Baghdad, Irak.

Tampak koper SMG juga terpapar dalam insiden penembakan Presiden Ronald Reagen. Koper tersebut digunakan agen Secret Service.

Tampak koper SMG UZI terpapar dalam insiden penembakan Presiden Ronald Reagen. Koper tersebut digunakan agen Secret Service.

MP5K
Terkait MP5K, berdasarkan sumber dmc.kemhan.go.id (8/8/2012), disebutkan pihak Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyerahkan HK MP5 sebanyak 315 pucuk kepada Kopassus. Penyerahan dilaksanakan secara simbolis oleh Wakil Menteri Pertahanan saat itu, Sjafrie Sjamsoeddin kepada Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Agus Sutomo.

Ke-315 pucuk MP5 tersebut merupakan hasil pengadaan senjata pada tahun 2010, terdiri dari varian 220 pucuk H&K MP5 A4, 48 pucuk H&K MP5 A5, 38 pucuk H&K MP5K PDW dan 9 pucuk HK SD6. Nah, yang bisa digunakan dalam koper senjata adalah jenis MP5K PDW (Personal Defece Weapon). Label K diartikan sebagai Kurz dalam bahasa Jerman, atau dalam bahasa Inggris artinya Short. Ini merupakan varian pendek MP5, dirancang dengan receiver dan bolt lebih pendek. Pengendalian senjata menggunakan gagang depan, mengingat tak ada tempat untuk handguard. MP5K biasa digunakan untuk operasi klandestin dan pengawalan VIP. (Haryo Adjie)

Spesifikasi H&K MP5K
– Kaliber : 9 x 19 mm
– Berat : 2 kg (tanpa magasin)
– Panjang : 325 mm
– Panjang laras : 115 mm
– Kecepatan tembak : 900 peluru per menit
– Jarak tembak efektif : 25 – 30 meter
– Magasin : 15 dan 30 peluru
– Pola operasi : safe – semi – full auto

About admin media center

Check Also

Bell 429 GlobalRanger: Helikopter Terbaru Direktorat Kepolisian Udara

Agak sedikit membuat kejutan, Direktorat Kepolisian Udara (Polisi Udara) RI dikabarkan bakal menerima dua unit …

%d bloggers like this: