Home / ALUTSISTA / M-60 GPMG: Senapan Mesin Multi Platform Legendaris

M-60 GPMG: Senapan Mesin Multi Platform Legendaris

Hasil gambar untuk senjata panser m 60

SMS (Senapan Mesin Sedang) di lingkungan TNI, khususnya di Korps Kavaleri tak hanya didominasi oleh jenis FN MAG buatan Belgia. Nyatanya SMS dalam standar NATO ada lagi yang tak kalah populer, yakni GPMG (General Purpose Machine Gun) M-60 kaliber 7,62 x 51 mm. Walau tak selaris FN MAG, M-60 buatan Saco Defence, US Ordnance, Amerika Serikat, punya pengalaman tempur melegenda.

M-60 menjadi senjata utama dalan unit pleton, saat pasukan AS harus berjibaku melawan Viet Cong dalam perang Vietnam. Rasanya pun dalam setiap film bertemakan perang Vietnam, M-60 selalu tampil dalam beragam versi, melengkapi kehadiran senapan mesin M-16 dan rivalnya AK-47. Singkat cerita setiap kegiatan operasi militer AS di seluruh penjuru dunia, pasti melibatkan M-60, termasuk kiprah AS di perang Irak dan Afganistan.

Di lingkungan TNI AD, M-60 diketahui sudah eksis digunakan pada unit kavaleri sejak tahun 1970-an. Beberapa alustsista menggunakan M-60 dalam paket penjualannya, diantaranya adalah varian panser V-150, panser Commando Scout, Commando Ranger Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden), dan tank Armed AMX-13 MK61. Khusus penempatan pada panser V-150, M-60 ada yang ditempatkan secara coaxial pada kubah, dan ada M-60 yang ditempatkan pada mounting sebagai senjata bantuan anti serangan udara dan anti pendukung infantri.

Hasil gambar untuk senjata panser m 60

Awak panser V-150 mengoperasikan senjata M-60 kaliber 7,62 mm

M-60 beroperasi menggunakan sistem gas operated. Performa senjata ini dapat memuntahkan hingga 550 peluru per menit, sedangkan kecepatan luncur peluru mencapai 853 meter per detik. Untuk urusan jarak tembak, M-60 dapat menjangkau target sampai 1.100 meter. Alur pasokan amunisi mengadopsi jenis sabuk. Umumnya personel pengguna M-60 dapat membawa antara 200 sampai 1.000 peluru, pastinya bergantung pada stamina personel, mengingat bobot M-60 mencapai 10,6 Kg.

Selain populer di laga peperangan, M-60 juga tersohor saat jadi senjata yang digunakan oleh John Rambo dalam film First Blood (1982). Model gaya menembak membabi buta dalam film itu melahirkan istilah Rambo Style, untuk menggambarkan prajurit infantri yang menyelempangkan sabuk peluru 7,62 mm di bahu.

About admin website

Check Also

Hermes 450: Drone Pengintai Lapis Kedua AU Singapura

Bila Israel didaulat sebagai negara pengembang drone paling maju di dunia, maka Singapura di Asia …