Home / SEKILAS MILITER / Kodim 0503/Jakarta Barat Raih Juara Umum Binter TNI AD

Kodim 0503/Jakarta Barat Raih Juara Umum Binter TNI AD

Salah satu fungsi dari Komando Distrik Militer (Kodim) adalah melaksanakan Pembinaan Teritorial, yang berarti Menyelenggarakan segala usaha, perencanaan dan pengembangan, serta pengerahan dan pengendalian potensi geografi, demografi dan kondisi sosial dengan segenap aspeknya menjadi kekuatan meliputi ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh guna kepentingan pertahanan negara di darat.

  Kodam Jaya sebagai Kotama yang terletak strategis berada di Ibukota Jakarta memiliki 9 Kodim untuk melaksanakan fungsi tersebut. Tentunya sebagai satuan yang berada di Ibukota Republik ini harus dapat menjadi barometer satuan yang terletak diwilayah lainnya.

Pagi tadi Kodim 0503/Jakarta Barat, dinobatkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono sebagai juara umum lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat Kodim XX TA 2016-2017 dan meraih Predikat Adi Manunggal Madya. Bertempat di Secapa TNI AD Bandung, Senin (27/11).

Dalam acara tersebut, Kasad secara simbolis menyerahkan penghargaan langsung kepada Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Letkol Kav Andre Henry Masengi didampingi oleh Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Jaswandi

Adapun penilaian dalam lomba tersebut dilaksanakan dalam beberapa tahap. Dalam tahap pertama lomba penilaian teritorial tingkat kodim dilaksanakan pada bulan April tahun 2017 lalu, di dipimpin langsung ketua tim penilai tingkat madya Kolonel Inf Rochadi, hasilnya Kodim 0503/JB masuk nominasi empat besar sebagai kodim terbaik se-Indonesia.

Pada penilaian Binter tahap pertama lalu, Kodim 0503/JB mempunyai program diantaranya pembinaan satuan, pangkalan dan produk unggulan Kodim, seperti pembudidayaan tanaman organik, aquaponik, hidroponik, bibit lele, dan memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat

Dilanjutkan pada tahap kedua dilaksanakan pada bulan September 2017, pada saat itu penilaian langsung dihadiri oleh ketua tim penilai wakil asisten teritorial (Waaster), Mabes TNI AD, Brigjend TNI Budi Sulistijono.

Pada saat tahap Kedua, Kodim menambah program unggulan lagi, yaitu dengan rumah dan pos Saka Wira Kartika Pasalnya di Rumah itu semua kegiatan Saka wira Kartika selalu melibatkan babinsa, babinkantibmas serta masyarakat dalam mensukseskannya.

Pada tahun sebelumnya Kodim 0503/Jakarta Barat juga masuk dalam nominasi 4 Besar. Berbekal program unggulan baik program maupun non program yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0503/JB, telah mampu meraih juara umum tersebut.

Dengan adanya Prestasi tersebut personel Kodim 0503/JB, membuktikan bahwa telah melaksanakan tugas dan program secara maksimal, komunikasi sosial dengan seluruh element masyarakat wajib dilaksanakan, selain itu juga prajurit TNI yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) wajib melaksanakan patroli di wilayah.

“Puji syukur kepada Tuhan yang maha kuasa, Saya atas nama pribadi dan Seluruh anggota Kodim 0503/Jakarta Barat mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada setiap pihak yang turut membantu setiap Program yang dilaksanakan Kodim,” Terang Dandim 0503/JB.

About admin media center

Check Also

Panglima TNI : Waspadai berita Hoax di medsos

Related

%d bloggers like this: