Home / SEKILAS MILITER / Kodam Jaya Berikan Penyuluhan Bela Negara Kepada Masyarakat Wilayah Jatiraden

Kodam Jaya Berikan Penyuluhan Bela Negara Kepada Masyarakat Wilayah Jatiraden

Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, hal ini menunjukan bahwa sebagai warga negara, kita memiliki hak untuk membela negara kita. Negara Indonesia adalah milik seluruh rakyat Indonesia. Demikian yang disampaikan “Kapten Inf S. Sinaga” pada awal pembukaan penyuluhan Bela Negara kepada warga masyarakat di Kelurahan Jatiraden Kecamatan Jatisampurna Bekasi, Selasa (17/5).

Upaya bela negara bukan saja menjadi tugas dan tanggung jawab TNI saja tetapi juga seluruh rakyat Indonesia termasuk warga masyarakat Jatiraden guna menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah.

Salah satu wujud peran serta dalam usaha pembelaan negara adalah melalui Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Sishankamrata adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta artinya sistem ini melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya. Selain itu sistem ini dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman yang tidak hanya bersifat fisik tetapi juga mental, sosial dan budaya.

Dalam kehidupan sehari-hari rasa cinta tanah air dalam upaya membela negara ini dapat diwujudkan dengan saling mencintai sesama warga bangsa, aktif dalam kegiatan siskamling, menjaga dan memelihara lingkungan hidup serta mengharumkan nama Bangsa “Tutur Kapten Inf S.Sinaga”

About admin media center

Check Also

Dirgahayu Korps Arhanud TNI AD “Vyati Rakca Bhala Cakti”

Related

%d bloggers like this: