Home / SEKILAS MILITER / Hubdam Jaya Melaksanakan Latihan Pernika

Hubdam Jaya Melaksanakan Latihan Pernika

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Elektronika sering digunakan dalam kegiatan dan Operasi Militer seperti dalam sistem komunikasi, sistem penginderaan, sistem kontrol jarak jauh, sistem kendali tembak, sistem senjata dan sistem-sistem lainnya. Oleh karena itu, sering kita mendengar istilah Perang Elektronika atau yang sering disingkat Pernika. Pernika merupakan penggunaan sistem elektronika termasuk gelombang elektromagnetik, infra red, elektro optical untuk mengacaukan sistem elektronika lawan dan untuk melindungi sistem elektronika sendiri, sehingga dapat memperoleh keunggulan medan laga elektronika dan diharapkan dapat menurunkan daya tempur lawan dan meningkatkan daya tempur sendiri.

Untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan keterampilan para prajuritnya   dan guna mewujudkan kesiapsiagaan satuan baik dalam mendukung tugas, Badan pelaksana Kodam Jaya dalam hal ini Perhubungan Kodam Jaya (Hubdam Jaya) sebagai satuan yang salah satu tugasnya adalah menyelerenggarakan pernika, melaksanakan latihan Pernika yang di ikuti oleh 30 personel. Latihan ini digelar selama 2 hari mulai tanggal 24 sampai dengan 25 Mei 2016 berlokasi di Markas Batalyon Hubad Cimanggis Depok.

Dalam latihan ini Alat komunikasi yang digunakan adalah Pernika DF THALES TYPE MRE 6200, buatan negara Prancis yang berfungsi mencari frekuensi musuh yang menyusup sehingga dapat ditindak lanjuti sesuai dengan aturan pertempuran. Selama kegiatan para peserta akan melaksanakan praktek lapangan yang meliputi pengetahuan mekanisme dan prosedur Pernika, prosedur operasional peralatan Pernika, mekanisme kerja sama taktis Pernika serta aplikasi teknik dan taktis Pernika.

 Para peserta latihan mengikuti kegiatan ini dengan semangat karena merasakan manfaat latihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam pengoperasian alat utama sistem persenjataan korps perhubungan.

About admin media center

Check Also

Dirgahayu Korps Arhanud TNI AD “Vyati Rakca Bhala Cakti”

Related

%d bloggers like this: