Home / ALUTSISTA / Gripen Fighter Challenge: Menjajal Sensasi Jet Tempur Gripen dari Layar Smartphone

Gripen Fighter Challenge: Menjajal Sensasi Jet Tempur Gripen dari Layar Smartphone

Screenshot_2016-07-12-15-00-06

Mungkin tak setiap orang punya kesempatan untuk menjajal simulator jet tempur, tapi berkat kecanggihan game di smartphone, kini setidaknya sensasi menerbangkan jet tempur bisa dirasakan lebih dekat. Game dengan tema simulasi jet tempur jumlahnya ada ratusan, dipastikan tak sulit mengunduhnya di Google Play Store dan iTunes. Tapi ada yang beda dari “Gripen Fighter Challenge,” inilah game simulasi tempur yang tak hanya menghadirkan keseruan tingkat tinggi, namun dibalik itu developer game ini adalah Saab AB.

Baca juga: Jajal Dogfight, J-11 (Sukhoi Su-27) Kalah Telak dari Gripen, Ini Dia Sebabnya!

Bisa dibilang ini baru pertama kali ada manufaktur jet tempur yang resmi merilis game untuk pesawat tempur yang tengah dipasarkan. Game ini belum lama dirilis, di Play Store hadir pada 6 Juli dan di iTunes pada 7 Juli lalu. Meski belum ada konfirmasi dari pihak Saab, besar kemungkinan game ini digadang untuk mendukung kampanye Gripen di Farnborough Airshow 2016 yang berlangsung 11 – 17 Juli di Inggris. Menyambut pameran dirgantara ini Saab diketahui juga telah menghadirkan aplikasi berbasis augmented reality.

Baca juga: Menyambangi Basis Fasilitas Produksi Gripen di Linköping

Screenshot_2016-07-12-15-00-28Screenshot_2016-07-12-15-00-47

Info: Indomiliter Telah Mendarat di Google Play Store

Kembali ke Gripen Fighter Challenge, game ini hadir untuk mengajak para fans Gripen untuk menjajal kebolehan jet fighter single engine ini dalam 10 misi tempur. Misi yang ditawarkan disesuaikan dengan medan operasi di negara-negara pengguna Gripen, misi tersebut adalah take to the skies, artic recon, dan circuit, formation invitation, show of force, frost spurt, scour the mountains, diamond dust, recon elite, racing elite, formation elite, dan waypoint elite. Sebagai pilot Gripen, Anda akan dibawa ke medan di dinginnnya kutuh hingga ke panasnya padang pasir.

Baca juga: Mengintip Langsung Hanggar Test Flight Gripen NG

Screenshot_2016-07-12-15-06-21Screenshot_2016-07-12-15-05-20Screenshot_2016-07-12-15-04-47Screenshot_2016-07-12-15-03-59

Pada tahap awal, Anda harus membaca dengan cermat tutorial pengopersian game ini. Perlu dicatat, navigasi Gripen di game ini menggunakan sensor gerak akselerometer, jadi terlebih dahulu akan dilakukan kalibrasi. Harus diakui, control navigasi di game ini lumayan sensitif. Di tahap awal Anda akan dipandu cara menerbangkan Gripen dengan mengikuti arah kompas. Seperti halnya display navigasi di pesawat tempur, saat Anda salah arah akan muncul ikon ‘Wrong Way.’ Untuk bisa menjajal kesepuluh misi, terlebih dahulu Anda diwajibkan merampungkan misi sebelumnya.

Untuk bekal senjata yang dapat dijajal, akan disesuaikan pada misi yang dijalankan. Seperti untuk menggasak sasaran di permukaan laut, Gripen punya pilihan rudal anti kapal RBS-15. Sementara untuk menghajar sasaran di udara, ada rudal Sidewinder dan Meteor. Untuk menghadapi misi-misi tertentu, Anda juga bisa menjajal afterburner.

Baca juga: Gelar Satu Skadron Gripen Ke Pangkalan Aju, TNI AU Hanya Butuh Satu C-130 Hercules

screen640x640screen640x640-(1)screen640x640-(2)

Agar bisa menikmati game 3D ini secara maksimal, sebaiknya gunakan smartphone dengan kapasitas RAM (Random Access Memory) diatas 1GB dan prosesor quad core. Bila memaksa memainkan game ini dengan smartphone low spec, maka akan terjadi lag pada performance game, alhasil Gripen Fighter Challenge tidak dapat dimainkan secara optimal.

Baca juga: Saab: Satu Tahun Setelah Kontrak, Jet Tempur Gripen Sudah Bisa Dikirim ke Indonesia

Yang menarik lainnya dari game ini adalah pilihan kustomisasi, sebagai Ace, Saab AB memberikan Anda opsi untuk memilih callsign, memilih tail decal, memilih warna cat kamuflase, sampai ada pilihan untuk mengganti corak pada sayap. Untuk efek suara, Gripen Fighter Challenge juga sangat apik, deru mesin jet bisa dihadirkan dengan proporsional, melengkapi adrenalin Anda dalam menuntaskan setiap misi. Dan satu lagi, game ini bisa Anda unduh gratis. (Haryo Adjie)

Spesifikasi
– Developer: Saab AB
– OS: Android 4.0 keatas dan iOS 6.0 keatas
– Download: Google Play Store dan iTunes
– Besar File: Android (72 MB) dan iOS (94,1 MB)
– Harga: Gratis

About admin media center

Check Also

Bell 429 GlobalRanger: Helikopter Terbaru Direktorat Kepolisian Udara

Agak sedikit membuat kejutan, Direktorat Kepolisian Udara (Polisi Udara) RI dikabarkan bakal menerima dua unit …

%d bloggers like this: