Home / ALUTSISTA / Besok! Gripen NG Resmi Rollout dan Unjuk Demo Udara di Linköping

Besok! Gripen NG Resmi Rollout dan Unjuk Demo Udara di Linköping

gripen-ng

Stockholm – Dalam hitungan jam, titik perhatian dunia militer dan dirgantara akan tertuju ke Linköping. Di kota sebelah selatan Swedia ini besok dijadwalkan digelar acara peluncuran resmi (rollout) jet tempur multirole Gripen NG (Next Generation). Gripen NG yang kini dalam status produksi untuk AU Swedia dan AU Brasil, rencananya juga akan unjuk kemampuan demo udara di atas langit Linköping.

Baca juga: 18 Mei, Saab Siap Luncurkan The Smart Fighter Gripen NG

gripen_ungarian_rainbow_radom_2009_gripen_on_black_whole_image_rt1_with2048x904px

Karena event peluncuran jet tempur bisa dibilang jarang, konsentrasi industri dan media pada acara yang diberi tajuk “Gripen Evolution” terbilang besar. Apalagi hadirnya Gripen NG bersamaan dengan hangat-hangatnya kompetisi penjualan jet tempur di beberapa negara dunia ketiga, termasuk Indonesia. Karena rollout ini adalah momen khusus peluncuran senjata berkategori ‘strategis’, pihak Saab dalam acara memberlakukan prosedur keamanan ketat, termasuk embargo sementara untuk foto dan video saat acara berlangsung.

Baca juga: Saab: Satu Tahun Setelah Kontrak, Jet Tempur Gripen Sudah Bisa Dikirim ke Indonesia

gripen_fullscalemodel_fidae

Rollout esok hari akan dihadiri beberapa petinggi militer dunia, termasuk perwakilan dari negara-negara yang telah menggunakan JAS 39 Gripen, seperti Thailand, Brasil, Inggris, Ceko, Hungaria dan Afrika Selatan. Meski belum bisa dikonfirmasi, delegasi dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI kabarnya akan hadir dalam acara esok hari.

Apa yang menarik dari Gripen NG? Secara umum Gripen NG adalah pengembangan lebih lanjut dari varian Gripen C/D yang kini eksis dioperasikan sejumlah negara. Nantinya Gripen NG juga akan didapuk dengan sebutan Gripen E/F, jenis E menandakan jenis kursi tunggal, sedangkan jenis F menandakan kursi tandem untuk kebutuhan fungsi latih tempur. Secara umum, Gripen NG mengadopsi desain jet tempur single engine dengan sayap delta, lengkap berikut canard di bagian depan.

Baca juga: Gelar Satu Skadron Gripen Ke Pangkalan Aju, TNI AU Hanya Butuh Satu C-130 Hercules

Gripen Brazil.

Gripen Brazil.

Gripen NG disebut mengedepankan teknologi masa depan Network Centric Warfare (NCW) yang menjamin fleksibilitas dalam menjalankan misi multirole fighter. Adanya NCW dapat memaksimalkan dukungan jalur komunikasi antar jet tempur dan komunikasi ke ground. Isu data link yang kerap menjadi masalah di pesawat tempur, dijawab Saab dengan hadirnya dual data links, satellite communications dan video links. Konsep ini menjadikan Gripen NG dapat beroperasi lebih independent dalam beberapa moda operasi udara.

Mengenai dipilihnya Linköping sebagai lokasi rollout, pasalnya di kota yang berjarak 200 kilometer dari Stockholm ini memang menjadi markas utama Saab Aeronautics, dan Linköping menjadi basis manufaktur produksi jet tempur Gripen.

About admin media center

Check Also

Bell 429 GlobalRanger: Helikopter Terbaru Direktorat Kepolisian Udara

Agak sedikit membuat kejutan, Direktorat Kepolisian Udara (Polisi Udara) RI dikabarkan bakal menerima dua unit …

%d bloggers like this: