Home / SEKILAS MILITER / Apel Gabungan di Lapangan GA Manulang Yonkav 7 Pragosa Satya dalam rangka penertiban Rumdis Cijantung

Apel Gabungan di Lapangan GA Manulang Yonkav 7 Pragosa Satya dalam rangka penertiban Rumdis Cijantung

  Apel Gabungan dalam rangka menerbitkan Rumah Dinas TNI AD yang dilaksanakan di Lapangan GA. Manulang Yonkav 7 Pragosa Satya. Sebagai Satuan BS yang terletak di Ibukota Republik Indonesia, dibawah Kodam Jaya maka Prajurit Pragosa Satya siap melaksanakan tugas membantu Kodam Jaya dalam menertibkan Rumah Dinas, tentunya ini merupakan suatu pengalaman tugas yang biasa namun tidak boleh dianggap remeh, sebagai Prajurit Pragosa Satya harus memiliki tantangan tugas yang cukup kompleks dalam berbagai macam aspek termasuk tugas mengamankan aset – aset negara yang dipercayakan kepada TNI AD di wilayah Kodam Jaya seperti rumah dinas baik kepemilikan maupun penggunaannya dari upaya penguasaan oleh pihak yang tidak berhak. Untuk itu Pragosa Satya kembali melakukan penertiban rumah dinas di KPAD Cijantung ll, Kamis (23/02/2017).

Beberapa Rumah dinas ini ditempati oleh masyarakat biasa yang tidak berhak sama sekali untuk menempatinya rumah dinas tersebut, padahal status rumah dinas tersebut milik TNI AD. Penertiban rumah dinas yang dilakukan Kodam Jaya mengacu pada Surat Telegram (ST) Kasad No/1555/2010 tanggal 30 Agustus 2010 mengatur ketentuan bahwa putera – puteri Purnawirwan TNI tidak memiliki hak untuk menempati atau memanfaatkan rumah dinas TNI AD.

Disamping itu juga mengacu ST Kasad No/187/2016 tanggal 21 Januari 2016 yang berisi perintah penertiban penggunaan aset Barang Milik Negara (BMN) berupa rumah dinas TNI AD. Atas dasar ST tersebut, Kodam Jaya melakukan penertiban dengan tetap mengedepankan aspek hukum dan kemanusian, berupa pengiriman surat peringatan sebanyak 3 Kali yang berisi pemberitahuan untuk mengosongkan rumah dinas TNI AD yang ditempatinya.

Prosesi penertiban pun berlangsung dengan lancar dan beberapa dari para penghuni bahkan sudah ada yang mengemas barang-barangnya serta mereka juga tidak melakukan perlawanan sedikitpun, bahkan berterimakasih kepada Kodam Jaya yang bersedia membantu mengeluarkan barang-barang dan membantu kepindahan ke tempat yang baru.

Nantinya rumah dinas tersebut akan digunakan oleh prajurit khususnya anggota TNI AD yang masih aktif dan juga sebagai penyiapan pangkalan atau satuan untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, sehingga dirasa perlu ketersediaan tempat dan perumahan demi mendukung tugas pokok dan kesiapsiagaan operasional prajurit TNI AD.

About admin media center

Check Also

Dirgahayu Korps Arhanud TNI AD “Vyati Rakca Bhala Cakti”

Related

%d bloggers like this: