Home / MILITER / Aksi heroik Praka Yunanto menggagalkan Curanmor

Aksi heroik Praka Yunanto menggagalkan Curanmor

PELAKU BERHASIL DILUMPUHKAN KEMUDIAN DIAMANKAN DARI KEMARAHAN WARGA

Seorang warga Kampung Makasar Jakarta Timur, Sujiati (43), hampir saja kehilangan sepeda motornya yang diparkir di depan rumahnya. Namun berkat aksi heroik dan keberanian anggota TNI berdinas di satuan Pendam Jaya (Kodam Jaya) Praka Yunanto, aksi kejahatan tersebut berhasil digagalkan saat pelaku yang berinisial Er dan Pra berusaha membawa motor hasil curiannya, Rabu (12/7/2017).

BARANG BUKTI : Satu Unit Motor Honda Beat Nopol B 4968 TLT , Telepon Genggam, satu buah dompet berisi uang Rp. 100,00, Kartu Kesehatan, Satu Pisau Dapur dan Lima Buah Mata Kunci Letter T

Kejadian berawal, saat pelaku berhasil membobol paksa motor dengan kunci letter T miliknya, korban yang mengetahui aksi tersebut, kemudian berteriak maling. Melihat aksinya diketahui korban, pelaku yang panik tancap gas membawa lari motor korban ke arah Pondok Gede. Kemudian setelah Praka Yunanto mengetahui ada curanmor ia berusaha mengejar persis di depan Service AC Jaya dekat patung Kuda Pondok Gede, terjadilah kecelakaan antara motor curian dengan pengendara motor lainnya dan sempat menyerempet mobil yang kebetulan sedang parkir di Bengkel Service AC Jaya Mobil.

Namun, sesampainya di Jalan Raya Pondok Gede, tepatnya di depan Kompleks Dirgantara I Halim Perdana Kusuma, motor yang dikendarai pelaku menabrak sepeda motor dan mobil.

Ketika pelaku berusaha melarikan diri dari kejaran warga, Praka Yunanto dengan sigap berhasil meringkus salah satu pelaku yang siap dengan senjata tajamnya yakni Erwinsyah. Sedangkan Prayogan rekan pelaku berhasil kabur menggunakan motor lainnya. Tanpa berpikir langsung ambil tindakan cepat, pelaku lari kabur masuk gang, fokus tanpa ragu Praka Yunanto melumpuhkan pelaku dengan Pukulan di Bagian Ulu Hati dan Rahang, pelaku jatuh terkapar tidak bisa bernafas. Saat ini juga tangan pelaku diikat menggunakan Tali Pinggang. Karena banyaknya warga yang emosi terhadap pelaku, akhirnya pelaku sempat menerima beberapa pukulan dari warga yang membuat wajahnya lebam.

PISAU DAPUR BERHASIL DIAMANKAN PRAKA YUNANTO

Praka Yunanto mengatakan, begitu saya mendengar Ibu Sujiati berteriak maling, naluri saya langsung tergerak untuk menolong. “Saya kejar kedua pelaku, saat keduanya menabrak motor dan mobil, itulah kesempatan bagi saya untuk meringkus mereka, satu orang berhasil tertangkap, dan sempat dihakimi massa karena emosi terhadap pelaku, tetapi satu temannya berhasil melarikan diri,” Ujar Yunanto.

PELAKU DI SERAHKAN KE POLSEK MAKASA UNTUK DIMINTAI KETERANGAN

Praka Yunanto berusaha menenangkan warga untuk tidak main hakim sendiri dan meminta kepada warga untuk menyerahkan pelaku kepada pihak yang berwajib (Polri). “Mohon Bapak – Bapak tenang jangan emosi yang terpenting pelaku sudah berhasil kita lumpuhkan”, “untuk itu kita serahkan saja kepada yang berwenang yaitu Polri” ujar Yunanto sambil menenangkan warga. Selanjutnya Praka Yunanto mengamankan Barang bukti berupa satu unit motor Honda Beat Nopol B 4968 TLT , telepon genggam, satu buah dompet berisi uang Rp. 100,00, kartu kesehatan, satu pisau dapur dan lima buah mata kunci letter T. Langsung melakukan Call Center 110 untuk melaporkan kejadian, tak lama kemudia sekitar 40 menit rekan Polri datang atas nama Aiptu Bambang Suprapto (Polres Makasar dekat Tamini Squar). Kemudian Praka Yunanto menyerahkan tersangka beserta barang bukti tersebut kepada Aiptu Bambang Suprapto dengan aman.

BUKTI KEPEDULIAN KAMI KEPADA MASYARAKAT. TERIMAKASIH JAYAKARTA.

Sementara itu, Sujiati yang menjadi korban pencurian sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan Prajurit TNI AD. Berkat keberanian Praka Yunanto, pencurian motornya dapat digagalkan. “Saat motor saya dilarikan oleh kedua orang pencuri tersebut, saya langsung berteriak maling, dan didengar oleh bapak TNI yang langsung mengejar kedua pencuri sepeda motor tersebut, alhamdulillah salah satu pencurinya tertangkap, dan motor saya selamat dari pencurian,” ujar Sujiati bersyukur. Terimakasih Pak Tentara.

About admin media center

Check Also

Cita, Cinta dan Harapan Untuk Menjadikan Postur TNI Semakin Ideal Melalui Dikreg XLIV Sesko TNI TA 2017

Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia atau (Sesko TNI) adalah Lembaga Pendidikan tertinggi TNI …